Wednesday, July 7, 2010

Gigi Anak dan Perawatannya

Ada beberapa kiat-kiat untuk membuat gigi anak-anak Anda sehat tentunya dengan merawatnya sejak dini. American Dental Association menyatakan ada beberapa kiat jitu untuk menjaga gigi anak tetap sehat.
Pertama, mengunjungi dokter gigi secara rutin, khususnya enam bulan sejak gigi pertama tumbuh dan sebelum anak berusia satu tahun. Pemeriksaan rutin mencakup pembersihan dan pemberian fluoride bisa mencegah masalah gigi semakin parah.
Kedua, mencegah pembusukan gigi dan pertumbuhan plak dengan membersihkan mulut bayi beberapa hari pascakelahiran dan menyeka gusinya dengan kain lembap setiap usai menyusui.
Ketiga, jangan biarkan anak Anda menyusui dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, pembusukan gigi sangat mungkin terjadi jika Anda membiarkan anak tidur sambil meminum sebotol susu. Doronglah anak Anda untuk minum dengan menggunakan gelas saat berusia satu tahun.
Untuk anak-anak yang gemar bermain scooter atau bersepeda disarankan menggunakan pelindung mulut yang aman dan nyaman. Jika gigi anak patah, cucilah gigi itu, tapi jangan sekali-kali digosok. Jika memungkinkan, pegang persendian gigi secara lembut dan segera periksa ke dokter gigi terdekat.

No comments:

Post a Comment