Monday, June 21, 2010

Perkembangan kedokteran gigi anak

Bidang ilmu kedokteran yang semakin pesat perkembangannya saat ini telah membawa dampak positif yang luar biasa pula pada perkembangan ilmu kedokteran gigi, dan terkhusus lagi di bidang ilmu kedokteran gigi anak. Diakui secara nyata bahwa perkembangan ilmu kedokteran gigi anak masih dalam proses dinamisasi dewasa ini dan masih terfokus pada daerah yang memiliki sentral pendidikan ilmu kedokteran gigi khususnya di jawa, sehingga sangat diperlukan adanya masukan baik dalam bentuk wacana, penelitian-penelitian secara khusus dan terkonsentrasi mengenai kondisi daerah daerah di Indonesia yang memang membutuhkan keterlibatan tenaga-tenaga yang berkecimpung di bidang ilmu kedokteran gigi anak.
Hal yang mendasari pentingnya kedokteran gigi anak adalah pentingnya kesehatan gigi dan pelayanan yang optimal bagi bayi, anak, remaja serta bagi seseorang yang membutuhkan pelayanan khusus (special needs), kesehatan rongga mulut merupakan bagian yang tak terpisahkan oleh kesehatan umun seseorang. Adanya penyakit di dalam rongga mulut akan sangat mempengaruhi fungsi, perkembangan dalam masa tumbuh kembang serta kualitas hidup seseorang.
Tujuan pelayanan kesehatan gigi anak meliputi pencegahan, pelayanan kesehatan rongga mulut yang berkualitas, perawatan penyakit-penyakit gusi pada anak dan penyakit jaringan pendukung gusi, serta ketidakteraturan gigi geligi pada anak (maloklusi).

No comments:

Post a Comment